Tuesday 13 August 2013

Karimun Jawa

Voila les amis, bien venue a Maladewa, MALDIVESSS!!



beuuh, keren kan gue mahasiswa baru lulus, tapi blm dapet surat tanda lulus dari kampus, masih bimbingan sama pak edison.. pak goyang sinergi.. ( sinergi? penasaran sama dosen gue yang goyang sinergi? liat disini-->  http://www.youtube.com/watch?v=DGdVVwf34zo  *sigh*) dan kalau hari ini gue disensus, gue masuk dalam kategori...terorerorerot... PENGANGGURAN, tapi udah bisa jalan-jalan ke maladewa?? MALDIVES??








Tapi.... bohong.


Bener kan, Pulau Karimun Jawa di kawasan Jepara, Indonesia ngga kalah cantiknya kok sama pulau tropical nan eksotis di negara-negara lain yang biasanya bahkan lebih mahal, dan kali ini untuk pertama kali nya gue jalan jalan pake paket tour. yah, ada enak dan gaenaknya sih, gaenaknya dulu ya, biar endingnya yg enak, manis kaya dessert, asal ga diminta orang. save the best for the last.



Okay, so ga enaknya dari jalan-jalan pake paket tour adalah kita ga bisa bebas nentuin waktu mau kemana dulu, jam berapa, gimana, pake apa, makan apa, semuanya udah diatur, tapi tenang aja ya.. kalau jodoh tetep tuhan yang atur kok, banyak-banyak berdoa aja ya...... 



nah kalau enaknya jalan-jalan pake paket tour itu adalah semacam cara cepat mendapatkan teman baru, seru, asik, dalam waktu trip kita. yap! kita bisa berangkat jalan jalan sendiri atau hanya dengan seorang teman, dan pulang kerumah dengan mengenal 3 lusin teman ! 3 lusin kepribadian! 3 lusin teman yang bisa dijadikan tempat nebeng kalau traveling ke wilayah kekuasaan mereka! ahuuuuuuy !



How to get there?



Kota tujuan kita adalah Jepara, jadi kita bisa naik bis ke Jepara, dari Bandung ada Kramat Jati kurang lebih 12 jam sampai di Jepara, kalau di Jakarta ada bis Bejeu, kalau di hatiku ada kamu.

nah..dari terminal jepara, tinggal lanjut ke pelabuhan pake becak deh, harganya sekitar 10-15 ribu, mungkin sekarang harganya naik, karena harga bbm naik, jadi becak juga naik, padahal becak gapake bbm ya, tapi bisa aja sih mamang becak melumuri tubuhnya dengan minyak sebagai pelembab, makanya harga becak naik juga ya kali ya.


Pilihan transportasi lainnya, fly me to the moon ! bisa juga pakai pesawat ke Semarang, lanjut deh jepara dikit lagi.



Ada dua pilihan kapal untuk nyebrang ke pulau utama karimun jawa, kapal cepat dan kapal lambat, saran gue sih mending kapal cepat, cuma 2 jam sampai dengan harga 104 ribu. berangkat setiap hari, kecuali hari kamis.



tadaaaaa...! sampai deh di Karimun Jawa.



Where to stay?



Try the only floating homestay on the island, Wisma Apung. walaupun fasilitas seadanya, tapi sensasi menginap disana sangat unik, bangun pagi ditengah lautan karimun jawa! selain itu juga ada penakaran hiu ditengah homestay, jadi kita bisa berenang berenang cantik bersama hiu, gacantik lagi kalau digigit. 




penangkaran hiu di wisma apung, ini disebelah kamar loh.. tinggal nyebur.
tuh..tuh... hiu nya takut kalau gue nyebur tuh. hiu: kebalik kaleeeeee

yoga pagi di wisma apung bersama teman-teman satu group, ga perlu musik instrumental, sudah sangat relax dg bunyi alam dan wangi laut. 
                              
                                      rutinitas pagi hari di wisma apung, lompat ke lauuuut ! (photo by Ardhi Kelana)

Harga menginap di wisma apung (terakhir kesana bulan mei,2013) Rp. 175.000, kalau makan dll tingal nambah lagi, bukan nambah nasi, nambah bayarnya neng... jang...


What to do???? ngapain ya di karimun jawa??



Berenang ! keliling pulau! Snorkling! Mainan Hiu! BBQ on the Beach ! Sunset-ing! kita bisa melakukan segala hal yang berkaitan dengan "Life is very good" di karimun jawa. santai-santai, makan-makan, bobo-bobo.



Hari pertama disana, karena sampai dengan kapal siang, gue kebagian sampai di wisma apung sore (dari karimun jawa harus nyebrang lagi), lanjut nyebur ke laut, menikmati dinginnya air laut setelah perjalanan panjang dari bandung hingga di pulau kecil, berenang bersama ikan, lepas menikmati alam. menikmati indahnya matahari turun, mencium aroma laut yang khas, dan bercanda bersama kawan, terimakasih tuhan.. :)



Ga usah jauh-jauh dulu untuk snorkling, di bawah wisma apung pun udah bagus loh, lanjut sunset, makan malam, dan nyebrang lagi jalan jalan ke Alun-alun karimun jawa, makan-makan lagi. 



Pulau karimun jawa adalah pulau yang paling ramai diantara sekitarnya , pulau utama dan terbesar diantara kepulauan karimun jawa, dan yang paling berpenduduk. listrik disana cuma nyala dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi, dan sinyal memang sedikit susah, tapi kenapa repot? ga perlu terlalu banyak gadget untuk liburan toh? nikmati saja pantainya...


temen-temen, kenalin.. ini sotong yang imut sebelum dijadiin cumi bakar yg enyak. jajanan di alun-alun karimun jawa.

cemilan paling enak di alun-alun karimun jawa, kerang rebus. heaven! (photo by wina witanti)
                                   
Selain wisata bahari, wisata kuliner di Karimun Jawa juga juara! nah sekarang yang paling ditunggu-tunggu, pagi hari nya kita jalan keliling ke pulau pulau kosong di sekitaran karimun jawa, ada pulau menjangan kecil, pulau cemara besar, cemara kecil, dan pulau-pulau menarik lainnya (ingat, jika ada penulis mengatakan "dan lainnya".. kenyataannya adalah mereka: Lupa)

ini foto-foto keindahan pulau-pulau kosong di karimun jawa, selamat menikmati :)


nobody but us.

ini pulau cemara kecil, nah disini kita BBQ ikan, seger!

pulsu terakhir yang kita kunjungi, banyak batu-batu besar, dan sepi.


snorkling bawah laut di karimun jawa, seru!

Setelah seru-seruan keliling pulau kosong di hari kedua, hari ketiga gue dan semuanya keliling lewat darat di pulau utama, Karimun jawa. tujuannya ada banyak : rumah adat, pantai, hutan bakau, perbukitan, dan batu cinta. adeuh.. batu cinta. kali ini gue akan bahas tentang sejarah batu cinta.

Jadi, konon pada jaman dahulu kala ada sepasang kekasih bernama Ari dan Awa, mereka saling mencintai satu sama lain, tidak terpisahkan. Suatu hari, karena Ari menulis status galau di Facebook, Twitter, dan Path nya, maka Awa marah, ngambek, dan pergi berlari ambil menangis keatas bukit sambil menangis meraung-raung... dia menangis terus berlari hingga menangis tersendu dan terus berlari hingga menemukan suatu tempat yang tenang untuk merenung, diatas bukit, dimana seluruh keindahan pulau dapat terlihat. ketika itu, dia melihat sebuah batu (atau benteng?) kemudian dia mendapat ide yang sangat menyentuh hati, lalu dia merogoh tas sekolahnya.. dan ditemukanlah benda yang sangat berhargaa... TIPE-EX, dengan gemetar dia menuliskan namanya di benteng tersebut, Ari LOPE Awa, maka jadilah batu tersebut menjadi batu monumen KARIMUN JAWA, dari nama Ari dan Awa.

maaf ya.. sudah membuat beberapa menit waktu kalian tersita untuk membaca karangan liar diatas.. 

jadi, di puncak bukit pulau karimun jawa memang ada monumen atau lebih tepatnya objek foto yang dikenal dengan nama batu cinta, tapi ya..m emang ga ada sejarahnya. ini dia penampakan si batu Lope.

bukit batu cinta- Karimun Jawa



nah, itu dia cerita singkat jalan-jalan gue ke karimun jawa selama tiga hari, banyak cerita baru dan teman baru, kenalin ini teman-teman group kita di karimun jawa

ini waktu baru berangkat cuma berdua
pulangnya ramean, temen baru, cerita baru.


Voila, selamat bikin rencana liburan ke Karimun Jawa, Mau traveling sendiri atau sama pake tour seru seru juga kok, oiya ingetin temennya ya.. kalau snorkling jangan nginjek karang, jangan buang sampah sembarangan, dan jangan makan hiu! jaga lingkungan kita, biar liburannya tambah seru.


salam,

@lauraola



6 comments:

Fina Amalia said...

indah banget pantainya, kalau prewedd disana cakep kayanya :D

AbramsGobrams said...

waow bagus sekali..
kl blh tau ada mitos apa di batu cinta itu thebeachloveme?

laura hermawati said...

iya cakeeep, plus ga terlalujauh juga kan :D

laura hermawati said...

disana ga ada mitos, cuma dibangun untunk atraksi pariwisata aja sih, kata guide nya begitu :D

Unknown said...

pas dulu ke karimun pake agen travel apa neng?

Paket Wisata Dieng said...

wahh fotonya bikin kangen sama karimunjawa nih :(

About Me

Mail: laurahermawati@gmail.com

Recent

Recent Posts Widget

Random

Recent Posts Widget