Monday 3 October 2016

Tips Travelling Ketika Menstruasi

I'M FINE. I LOVE YOU. I HATE YOU. I WANT ICE CREAM. COME HERE. GET AWAY. I'M TOO TIRED. I'M JUST SAD. I WANT CHOCOLATE. I HATE YOU. I LOVE YOU. JUST GO. I WANT ICE CREAM. I WANT ICE CREAM. I WANT ICE CREAM AND CHOCOLATE. I'M GONNA EAT YOU...ALIVE!!



Grrrr.. girls, i can feel you! perasaan kita pasti akan tidak menentu selama masa menstruasi. Pernah ngalamin nonton film "about time" lalu nangis ga berhenti dan sampai kepikiran berhari-hari? lalu tiba-tiba pengen makan ice cream, lalu tiba-tiba pengen ngajak berantem tanpa alesan?? dan berakhir ketiduran sambil nonton starworld.

yeah.

lalu tiba-tiba pingin beli landrover, punya beach house, pergi ke Santorini? 
.....yeah, itu mah gue tiap hari, bukan saat menstruasi. :))

Memang ada yang mengganjal rasanya ketika kita sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari, namun saat hari H tiba, tibalah pula menstruasi. It happend to me many times. Jangan cemas duluan, berikut ini beberapa tips travelling ketika sedang menstruasi, oh, lebih tepatnya  tips travelling blusukan ketika sedang menstruasi.

1. Bawalah Sarung pantai kapanpun kemanapun.

Who knows, tempat yang akan kamu kunjungi mungkin tidak terdapat semak-semak untuk berganti  atau melepas pembalut. Ini yang bisa kamu lakukan, lingkarkan  sarung di sekitaran pinggang kamu, ikat yang kuat. dan.. kamu pun punya ruang kecil pribadi. lebih baik daripada tidak ada sama sekali bukan? 

2. Persiapkan "Alat Ganti"

Dalam beberapa kondisi, mungkin waktu yang sempit, atau tempat yang gelap, tentu saja akan lebih mudah jika semua sudah dipersiapkan. Coba pasangkan terlebih dahulu pembalut pada underwear, direkatkan, lalu lipat kembali dan disimpan di tas, tentu saja pada bagian yg bersih dan aman. 

3. Bawa ekstra plastik.

Girls, jangan jadikan jijik sebagai alasan kamu membuang pembalutmu sembarangan. eeew! itu baru menjijikan. Sediakan beberapa kantung plastik, jangan yang berwarna transparan ya, girls. Kamu bisa "menyimpan" pembalut bekas pakaimu di plastik terlebih dahulu sampai menemukan tempat sampah. 

4. Berenang ketika menstruasi? Why not!

Sebaiknya kalian melepas pembalut terlebih dahulu sebelum berenang, jangan khawatir, air tidak akan berubah menjadi lautan merah kok. Memang ada beberapa yang memilih tetap menggunakan pembalut biasa ketika berenang, tapi itu tidak disarankan, selain kotor, akan menjadi semakin berat ketika terkena air. Pilihan lainnya adalah kamu bisa menggunakan tampon, sejenis pembalut yang dimasukan pada miss V. Yep, jika pilihanmu berenang tanpa pembalut,  segeralah menggunakan pembalut kembali begitu keluar dari air.

5. Minum. Minum. Minum.

Air putih sangat berperan penting pada kesehatan tubuh, jadi usahakan lah untuk selalu membawa persediaan air putih kemanapun kamu pergi. Jika melakukan perjalanan jauh dengan pesawat, pastikan untuk mengonsumsi air sebanyak 1 liter setiap 3 jam. 

6. Saat perjalanan panjang dengan pesawat? Jangan mager.

Usahakanlah untuk meninggalkan kursi setiap 2 atau 3 jam perjalanan, atau gerak-gerakan kaki. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah pembengkakan kaki akibat menumpuknya cairan.

7. Pilihlah makanan yang kaya serat.

Biar travelling nya full of energy, pilihlah makanan-makanan yang kaya serat. Pilihan yang tepat akan jatuh pada kacang-kacangan, sayuran hijau, serta buah-buahan. Kurangi makanan yang berlemak serta mengandung kafein ya.

8. Tidur Cukup.

Ini adalah hal yang sangat simple tapi sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kita saat menstruasi. ketika sedang haid, tubuh tidak pada kondisi terbaiknya, sehingga kita akan mudah lelah dan lemas. Usahakan istirahat yang cukup, atau tidur minimal delapan jam per hari.

9. Rajin Mengganti Pembalut.

Ketika travelling, bisa dipastikan kamu akan berjalan lebih jauh, bergerak lebih banyak, dan melakukan berbagai aktifitas yang mengeluarkan keringat. Usahakan agar bagian pribadimu tidak lembab dan iritasi. Bila travelling di daerah pelosok, manfaatkan ketika kamu menemukan toilet, ganti sesering mungkin. Jangan lupa bawa pembalut serta underwear lebih ya, girls.

Well, Itu dia beberapa tips travelling ketika menstruasi, pada akhirnya jangan jadikan menstruasi sebagai halangan kamu untuk bersenang-senang, tetap waspada and have fun!

Salam hangat,

Laura Hermawati. 


No comments:

About Me

Mail: laurahermawati@gmail.com

Recent

Recent Posts Widget

Random

Recent Posts Widget