Thursday 24 November 2011

Si Hotel yang "Baik Hati"

                        Hello, i am Eco Friendly 'Green' Hotel, Primadona akomodasi yang baik hati :)

                                              

Seberapa seringkah kalian melihat atau mendengar tulisan "GO GREEN !" pasti jawabannya sering sekali, ada yang belum tau maknanya ? Secara bahasa praktis, Go Green maksudnya adalah berbagai tindakan untuk melindungi bumi kita, menjaganya, melestarikannya, memperbaikinya.

Bagaimanakah cara untuk kita berpartisipasi dalam GO GREEN? banyak sekali cara yang dapat kita lakukan, dan yang pasti semua cara ataupun jalan tersebut harus diawali dari diri kita sendiri, seberapa sadarkah kalian pada lingkungan, pikirkanlah bahwa kita memerlukan lingkungan yang baik untuk dapat bertahan hidup, dan timbul lah niat dari dalam diri kita untuk mulai beraksi menjaga agar planet kita tercinta ini tetap dapat bertahan menampung manusia di Bumi yang indah, sejuk, aman... yang bisa kita dapatkan dari usaha Go Green ! well, walaupun bumi kita sudah banyak rusak, bahkan ada pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati" ya, tapi kalau sudah terjadi ya cukup lah kita mencegah untuk kerusakan lebih lanjut, mari kita perbaiki teman-teman :)

Hebatnya, bukan hanya saya saja yang peduli akan lingkungan, melainkan puluhan bahkan ratusan juta orang di dunia mulai gencar melaksanakan aksi peduli lingkungan, dan yang menurut saya pasti semua pihak akan mendukung (walaupun tidak secara langsung), ya iya lah ya..gila aja ada orang yang berani menantang aksi peduli lingkungan..bisa ditanem idup-idup kali ya..dijadiin pupuk kali ya.. digantung buat umpan hiu kali ya... saya yakin semua orang ingin aktif atau setidaknya berpartisipasi dalam program peduli lingkungan..tapi ya itu dia, Hoream. NO ! Hoream is not good for your life euy ! Hayo Hejo! -ceuk urang Bandung

                                                 

Maraknya usaha peduli lingkungan saat ini  menjadi peluang emas super bagi Bisnis Akomodasi. Seperti yang kita Ketahui, Akomodasi adalah fasilitas penginapan untuk orang yang sedang bepergian. Akomodasi bisa berupa hotel, penginapan, wisma, Bed&breakfast, Boutique Hotel, dan lain-lain. dan bahkan sekarang sudah ada hotel yang berbasis pada peduli lingkungan, Eco-Friendly Green Hotel.

Pemikiran mengenai konsep Eco-Friendly Green Hotel adalah pemikiran yang sangat Brilliant menurut saya, Hotel yang kita ketahui adalah salah satu yang menciptakan limbah dalam kapasitas besar, dengan penggunaan listrik yang besar, dan biasanya berdampak buruk bagi lingkungan sekitar, bisa berubah paradigma menjadi Hotel yang Peduli Lingkungan. Bravo !!

Eco Freindly Hotel adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hotel atau akomodasi yang telah membuat perbaikan lingkungan yang penting untuk struktur dalam rangka meminimalkan dampak terhadap lingkungan (Wikipedia)

Beberapa Gambar Eco-Friendly Hotel,
Hamanasi Resort
                                 


Morgan's Hacienda & Ecolodge, nicaragua


japan

concordia Eco tent

concordia eco tent


Saat ini sudah banyak para wisatawan yang mulai melirik memelototi Eco-Friendly Green Hotel dan bahkan dimanapun mereka pergi, mereka mulai memilih hotel yang menggunakan konsep tersebut. Konsep seperti ini dapat berguna sebagai "hipnotis" agar para wisatawan merasa turut berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan dengan cara memilih akomodasi dengan konsep peduli lingkungan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak hotel yang berkonsep Eco-Friendly Green Hotel, diantaranya adalah Hotel-hotel di Bali penerima Asean Green Hotel Awards yakni Bali Tropic Resort & Spa, The Ritz Carlton Bali Resort & Spa, Melia Benoa, Melia Bali Villas & Spa Resort, Nikko Bali Resoprt & Spa, Nusa dua Beach Hotel & Spa, Sofitel Seminyak Bali, Matahari Beach Resort & Spa, Alila Ubud dan Puri Santrian Sanur. (BTN/013)


ini adalah beberapa contoh Eco Friendly Service And Amenities:


  • Luxury, eco-friendly bath amenities
  • In-room recycling bins for easy, stylish guestroom recycling
  • Rooms and linens cleaned with eco-friendly cleaning products
  • Towel and linen reuse program helps dramatically reduce water and energy use
  • Organic snack and beverage options in our in-room honor bars
  • Organic and/or fair-trade coffee and tea
  • Ceramic mugs are available to minimize use of paper cups
  • Comprehensive recycling program for cups, clothes hangers, batteries and more
  • Paperless guest check-in/out service significantly reduces hotel paper use
  • Efficient lighting fixtures reduce energy consumption throughout the hotel
  • Effective low flow toilets, showers and faucets reduce water consumption throughout the hotel
  • Guest and employee dry cleaning service uses eco-friendly methods and products
  • Unused and partially used bath amenities donated to community programs
  • Sky Hotel hosts green meetings and events

Sebuah Hotel Peduli Lingkungan Biasanya memiliki Kriteria sebagai berikut :
-Ketergantungan pada lingkungan alam
-Keberlanjutan Ekologi
-Terbukti Kontribusi dan Konservasi
-Penyediaan Program Pelatihan Lingkungan
-Pendirian Pertimbangan Budaya
-Penyediaan pengembalian ekonomi kepada masyarakat lokal


"Yang saya simpulkan disini adalah dengan maraknya Trend Peduli Lingkungan yang ditangkap secara cermat oleh para pelaku Business dengan adanya konsep Eco-Friendly Green Hotel, maka akan menjadi Peluang dalam bidang akomodasi baik saat ini maupun akan datang. mengapa akan datang? Karena usaha peduli lingkungan adalah usaha yang terus menerus bahkan harus ditingkatkan oleh berbagai generasi secara terus menerus, namun inovasi tetap harus dilakukan."

Saya pribadi sangat setuju dengan konsep akomodasi Peduli Lingkungan, dan saya harap kalian semua setuju. Kalau bukan kita, Syapa lagi?

The Activist is not the man who says the river is dirty. The activist is the man who cleans up the river. - Ross Perot

Links Related :




Salam hangat, 
@lauraola (twitter)













Sponsored By,

 
 

11 comments:

A.I.S said...

Sebaiknya di pelajari bersama oleh semua pihak dalam upaya di bentuknya sebuah program khusus untuk Pangandaran Go Green! saya mendukung sekali dan siap membantu, sukses

Bara said...

saran aja nih. dibawah tulisan
"ini adalah beberapa contoh Eco Friendly Service And Amenities"

sebaiknya diganti deh, design tulisannya krn menurut gw, readers ga bsa baca apa yg lo tulis itu, gw aja ga jlas itu bacanya apa. gitu lho laura

xiexie.

laura hermawati said...

A.I.S
Agree, saya juga sangat mendukung "baik" terhadap bumi, tapi dukungan sudah banyak, harus dimulai bertindak :)

laura hermawati said...

Bara
thanks sarannya, bara buka pake apa? handphone? kalau di PC kebaca kok bar, next time pakai huruf yg lebih jelas lg. thank yoo :)

Bara said...

gw pake laptop. tetap aja ga kebaca. itu lho tlisan

"Luxury, eco-friendly bath amenities" dst

ga kebaca #summmpee background image-ny orange kotak2 kecil jdinya gw ga jlas bcanya. klo yg lainnya :2thumbup: brayyy haha :P

laura hermawati said...

oh ya? wah pasti ada yg salah nih, di laptop sini jelas n latarnya biru mudah. oke deh braaaay thank you. sundul braaay :D

Sabrina said...

"Go Green" sudah seharusnya menjadi lifestyle. dan menjadi kewajiban bagi seluruh pebisnis di segala bidang. dengan begitu bumi tempat kita tinggal, hidup, suka dan duka akan menjadi lebih bersih,indah,aman dan nyaman. hihi seperti slogan sebuah kota di Indonesia. coba tebak apa itu? :D
cheers.

laura hermawati said...

pasti Samarinda,kalimantan deh, soalnya bukan pangandaran :p

Anonymous said...

orang yang mau ke mars peduli?

laura hermawati said...

semua harus peduli agar tidak usah pindah ke mars :))

Anonymous said...

tukang rongsokan yang suka mungutin sampah plastic atau alumunium di jalan jalan tidak tau bahwa mereka itu pahlawan. apa betul?

About Me

Mail: laurahermawati@gmail.com

Recent

Recent Posts Widget

Random

Recent Posts Widget