Wednesday 7 December 2011

"Tentang ENHAI"



Duatahun kedepan, saya akan lulus dengan gelar yang sangat saya banggakan "Sarjana Pariwisata"
Yap ! saya mahasiswi semester 5 di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, atau yang lebih beken dengan sebutan ENHAI.
Baiklah, yuk coba kita ulas sedikit seputar STPB,
Kesan pertama orang saat saya bilang kuliah di enhai itu macam-macam, ada yang benar, dan ada yang kurang tepat, ada beberapa mitos atau tanggapan orang-orang tentang enhai yang saya perhatikan dari lingkungan sekitar,mungkin bisa dikategorikan sebagai Myth and FACTS about enhai :

1. Tanggapan kaka saya waktu saya bilang mau daftar enhai : " eh.. disana kan kuliah nya mabok-mabok, orang-orang dan lingkungan nya pada ga bener.. cari yang lain aja "
Pernyataan diatas saya anggap sebagai mitos, dan FAKTANYA, selama saya kuliah 2,5 tahun di enhai saya tetap jadi anak baik-baik, ga kenal sama drugs, minuman , maupun rokok. Semua itu tergantung dari diri kita sendiri, apakah kita akan menjadi baik ataupun buruk, yang pasti tidak ada sama sekali dorongan dari kampus untuk melakukan hal-hal buruk. saya sudah membuktikannya.

2. "Kuliah pakai seragam itu norak ! kaya anak SMA aja" itu mitos, faktanya? our uniform is awesome ! dan yang paling penting, kita ga bingung tuh harus pakai baju apa, fashion seperti apa, untuk ke kampus. super praktis.

3. "Kuliah di enhaii itu untuk anak-anak orang kaya, muahal" ini pernyataan yang salah besar, biaya kuliah saya pertahun kurang lebih Rp.4 juta  , dan itu sudah termasuk seragam, buku, biaya untuk field trip dan lain-lain, bahkan beasiswa disini banyak. saya aja belum mengajukan beasiswa eh tiba-tiba dapat durian runtuh , beasiswa, how i love this campus ! kiss kiss *ciumgedung

4. yang ke-empat. ENHAI itu angker, nah kalau ini saya gatau fakta atau mitos, tapi sepertinya lebih cenderung ke fakta. wangi kembang dimana-mana kalau malam di kampus. yuk minta tanda tangan pocong. "pssst tangan gue di-ikeeeet, ga bisa cuy..." *bisiksipocong, kemudian hening...

5. "Kalau cuma untuk jadi babu di hotel, ngapain kuliah?"
memang kami banyak melakukan praktek di kampus, hal itu untuk melatih skill agar di dunia kerja kita sudah sangat terampil apapun profesi kita. mungkin banyak yang belum tau, bisnis pariwisata itu terus berkembang, dan para pengembang pariwisata itu sangat diperlukan. Mahasiswa sekolah tinggi pariwisata bandung tidak hanya belajar hal-hal mendasar seperti bagaimana merapihkan kamar, maupun memasak atau mixing minuman, kami juga belajar management, akuntansi, dan yang paling penting, kami sudah dibiasakan disiplin dan tepat waktu, bukankah itu sangat penting dalam dunia kerja? peluang kerja kami juga luas, bukan hanya hotel, tapi nilai plus nya.. hotel akan lebih percaya untuk mempekerjakan employee dari orang yang sesuai dari bidangnya. itu kami, bukan begitu? :)

Untuk pembaca blog yang tertarik untuk kuliah di STPB , saran saya sebaiknya kalian memilih jurusan secara matang, jangan sampai menyesal nantinya. sedikit pengalaman saya nih, dulu saya sama sekali ga tau jurusan apa yang harus saya pilih, san ahirnya saya memutuskan untuk mengambil jurusan dengan tingkat S1, dan terpilihlah Studi Akomodasi dan Katering (SAK) awalnya saya kira semua jurusan di kampus ini memungkinkan untuk melakukan KKN di luar negeri, banyak pengalaman KKN, jalan-jalan, tapi ternyata tidak. untuk tingkat S1 memang sedikit dibatasi untuk melakukan KKN hanya di sekitar jawa saja, bahkan praktek pun sangat minimum, tapi jangan ragukan kemampuan berpikir dan berkonsep kami, kami cukup matang dan berani diuji soal pengetahuan.
Jika kalian suka jalan-jalan tapi ingin memiliki gelar S1 sebaiknya memilih jurusan SDP (Studi Destinasi Pariwisata), nah ini sebenernya incaran gue kalau saya tiba-tiba kesambet terus mau ngulang kuliah dari awal.. SDP, karena niat saya kuliah sebenarnya di ENHAI karena tertarik jalan-jalan nya. ups...curcol.

Untuk yang suka memasak, pastry, ada jurusannya masing-masing di bagian diploma, bisa dilihat di website STPB secara langsung http://stp-bandung.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=91&Itemid=115

Nah.. mau tau lebih jauh tentang ENHAI? ini dia hal-hal yang "Enhai Banget"
GROOMING ! itu salah satu hal yang wajib di kampus ini, harus selalu tampil rapih dan bersih. Grooming harus sangat rapih terutama saat masa ujian.


me-after and before grooming
Foto sebelah kiri merupakan grooming yang baik, wajib saat ujian dan acara-acara resmi di kampus.

Foto kanan boleh lah yaaa kali-kali aga santai. why so serious?
yg pasti atribut harus tetap lengkap. name tag, scraf/dasi, pin, make up, sepatu pantofel dg heels



GREETING IS A MUST ! 
Pagi kaka... Pagi Ibu... Pagi Bapa..
Selamat pagi emak.. selamat pagi abah.. ara jualan opak dulu ya.. eh, salah yak?! kembali ke topik.
greeting itu sangat penting, dan mempererat kekeluargaan di kampus kami, selain itu membuat kita awet muda karena siap sedia senyum pepsodent . Cling ! :D



PDSP 2010

PDSP adalah salah satu mimpi buruk bagi seluruh mahasiswa baru, OSPEK ala enhai, tidak ada yang berlebihan, hanya saja akan kita kenang seumur hidup. Tidak terlalu buruk, hanya deg-deg an , nilai plus-nya banyak teman baru dari OSPEK ini :)

ya, bisa dilihat wajah si gue saat PDSP di sudut kiri. dengan tampang "sudahilah sudah pdsp ini..uwoo..uwoo..uwoo.."


Saat ini Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung sedang melakukan pembangunan gedung di beberapa tempat, yang menurut saya berjalan kurang lancar dan tidak efisien untuk pembelajaran, sedikit kecewa memang. Tapi pagi ini, saat saya sedang berjalan di parkiran sekitar kampus, saya bertemu Ketua STPB yang baru, yang saya dengar dari banyak orang bahwa beliau adalah orang hebat. Pagi ini ketika berpapasan beliau menyapa "Wah.. maaf ya ini jalanan ke Dome aga sedikit becek, maaf ya..akan segera dibenahi"
saat itu pula saya yakin, STPB akan semakin maju dibawah pimpinan beliau, Bapak Noviendi Makalam.

ini beberapa gambar yang saya ambil pagi ini di sekitaran Kampus kebangaanku yang pembangunannya entah mau dibawa kemana, yang pasti ini adalah hotspot di STPB check this out !  
calon gedung baru STPB

taman cinta

parkiran motor "sementara"

kantin yg sebaiknya di renofasi, demi keselamatan

Sedikit kritik saya, bukankah sebaiknya sekolah tinggi Pariwisata memiiliki gedung yang mencerminkan pariwisata? bukan gedung modern berbentuk kotak yang tinggi menjulang ke langit. well, gedung hanyalah gedung. saya harap kedepannya akan lebih diperhatikan, pencitraan sangatlah penting menurut saya.

Semoga untuk kedepan nya Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung bisa semakin maju baik dari sisi pendidikan, fasilitas, dan yang terpenting adalah lulusannya dapat bersaing dan unggul.
Semua punya cerita di kampus ini, Apapun namanya.. APN ,  NHI , NHTI , BPLP , STPB setuju ya... kita semua cinta ENHAI ! :)


terimakasih untuk waktunya udah baca blog ini, saran dan kritik sangat diharapkan. comment please.
Salam hangat,
@lauraola (Twitter)













Sponsored By:



23 comments:

kate in Java said...

komplit dan menarik tapi ga terlalu serius...senang bacanya dan tentunya pingin kuliah lagi hehehe....

endah duwi permatasari said...

seru... asyk.. jdi ngga sbar... moga gw bs diterima di Enhaii keep spirit ciaYou..^^

laura hermawati said...

amin, semoga lulus ya ! :)

Duanita Duwita R. said...

ya ampun bagus banget tulisannya :) thank u infonya ya kaka :D

Anonymous said...

kaka...
kasih saran dan trik nya dong supaya bisa lulus masuk STP bandung,,,

Unknown said...

kak, mau nanya dong.. berat sama tinggo badan ideal brpa yh kak?

via said...

kak berat sama tinggi min berapa yah -_-V

laura hermawati said...

hai hai, terimakasih. :)

laura hermawati said...

banyak banyak makan, tidur cukup, be happy! :)

laura hermawati said...

just be you, ga ada aturan berat dan tinggi kok :)

laura hermawati said...

hey, ga ada minimal tinggi atau maksimal berat kok, nanti test nya pengetahuan dll :)

Unknown said...

wah sangat memotivasi,aku sendiri berharap diterima tahun ini,apa ada saran kak?sulit gak tesnya

Unknown said...

Mau nanya dung di nhi bagian adh itu ada tinggi badan minimal ga ya ?

Unknown said...

Ka aku udah lulus tes tinggal registrasi, nah PDSP itu kegiatannya ngapain aja? Trus kita nginep atau pp? Kegiatannya dari jam berapa sampe jam berapa? Maaf ya ka pertanyaannya banyak hehe

Unknown said...

Kak stpb bisa lewat snmptn? Kalau tidak, jalur tulis itu pelajarannya apa saja ya yg diujikan? Soalnya saya siswa sma jurusan ipa kak, terimakasih:)

Anonymous said...

@nadhifa kayaknya gak bisa deh snmptn, tes tulis cuma pilihan ganda bahasa inggris + psikotes, sisanya wawancara sama tes kesehatan

Unknown said...

Ka kebetulan saya di hijab. Apa memungkinkan masuk stpb jurusan hospitality? Apa lebih baik saya mengambil pariwisata? Tolong sarannya ka trmksh

jdlines said...

yg nulis bloggernya sekarang kerja di hotel juga atau gimana?

he he he nice info

Unknown said...

jadi presenter let's go! Di mnctv

Dadan said...

Nice blog! salam kenal

Satya Bhakti Nugraha said...

kak tanya dong, klo di STPB/Enhai bisa nerima eksten lulusan D3 pariwisata luar kampus kah?

Mampir jg di blog aku yah http://vakansee.blogspot.com/ thanks kak, btw kk cantik + keren bgt di Let's Go MNCTV.

Unknown said...

Enhai sama stpb sama atau beda ya??saya tidak ngerti nih bantu yah buat nanti kuliah di 2 tahun mendatang

U69I said...

enhaii is awesome college....love enhaii. ga pernah nyangka juga sih bisa masuk ke enhaii.....ga pernah bosen setahun sekali pulkam ke kampus...banyak aura positif....

About Me

Mail: laurahermawati@gmail.com

Recent

Recent Posts Widget

Random

Recent Posts Widget