Thursday 1 December 2011

"yang bikin ngiler di Indonesia,tambuo jie!"



Boleh curhat dulu ga sih? boleh lah ya.. boleh dong ya..
Awal tau tema kompetisi blog kali ini "Wisata Kuliner Indonesia" uh saya cemas sekali, bingung ngasih judul lah, tidurpun terganggu, makan pun tak enak (sorry god i'm lying).  Bayangkan, saya sangat antusias menjelaskan wisata kuliner di seluruh Indonesia.. bisa 1 minggu nih baru selesai baca tulisan saya kalau harus dijelaskan semua kuliner di Indonesia. banyaaak sekali, tapi saya bangga, sebagai warga negara Indonesia, kalau ditanya orang bule "apa makanan khas negara mu?" saya akan dengan lantang menjawab "butuh waktu 1 minggu untuk menjelaskan berbagai makanan khas di negaraku, banyak, dan enak" 

Baiklah, bisa diabaikan curhat saya yang diatas.. dan mari kita nikmati kuliner Indonesia ! ini baru Posting blog beneranNya :

Kuliner !! woohoo, saya yakin, semua orang suka makan dan minum, apapun tujuannya misalnya untuk mengisi perut yang lapar, untuk icip-icip rasa, untuk kesopanan (misal makan dirumah pacar, padahal makanannya gaenak,tetep aja komentar yg keluar satu,si jurus jitu : "enak deh")

Well, yang penting adalah kita semua butuh dan suka makan, makanan yang baik adalah makanan bisa melekat dalam benak kita, meninggalkan pengalaman, ada rasa yang khas, membuat kita ingin makan kembali, lagi lagi dan lagi.. itulah yang dibutuhkan dalam wisata kuliner. 
Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam budaya, suku, adat dan istiadat dan geografis yang berbeda-beda, tentu dengan makanan khas yang berbeda pula. yuk, coba kita bahas wisata kuliner di Indonesia. are you ready? ARE YOU READY? AAAAAR YU REDEEEEH? *elap-iler

berikut ini sebagian sangat kecil dari makanan Indonesia yang sangat enak dan Khas, mari kita mulai dari ujung Indonesia

Wisata Kuliner Aceh atau lebih tepatnya, makanan yang harus kita coba saat mengunjungi aceh:


Gulai Itek

(Gulai yang menggunakan daging Bebek Sebagai bahan utamanya)









Kuah Pliek U

Makanan ini menggunakan ampas dari sisa perasan minyak kelapa tua Sebagai bahan Utamanya. BIasanya disajikan dengan daun dan Buah Melinjo serta Chu (Siput sungai), dan biasa ditambah dengan jenis sayuran lain seperti kacang panjang, pepaya muda, nangka.
Kuah Pliek U memiliki sensasi rasa dan aroma yang sangat khas


Mie Aceh

 Mie pedas dengan daging sapi, kambing, atau makanan laut seperti kepiting. biasanya disajikan dengan emping, bawang goreng, dan irisan bawang merah. yuuum !


Ayam Tangkap
Sajian ayam dengan menggunakan berbagai dedaunan rempah . wewangian dari dedaunan dipadukan dengan wangi ayam yang sudah matang sangatlah khas, sehingga menggoda setiap lidah untuk mencicipinya.


Timpan


Jenis penganan kecil yang aslinya berasal dari Aceh. bahan untuk membuatnya terbuat dari tepung, pisang, dan santan, kemudian diisi dengan sarikaya. Kenyal dan Segar ! 



Makanan Khas, yang harus dicicipi di Sumatra Barat

Bubur kampiun 
terbuat dari berbagai macam campuran bubur seperti bubur candil, bubur sumsum, kolak pisang, ketan, dan kolang kaling yang dijadikan satu kemudian disiram dengan kuah santan yang dicampur gula merah, segar rasanya !







Makanan Khas-nya Jogjakarta

Gudeg 


makanan khas yogya yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. warna coklat didapat dari daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg disajikan dengan nasi dan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng Krecek.





Masakan Khas Bali

Betutu

Betutu adalah lauk baik itu ayam maupun bebek utuh yang diisi oleh bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.








Makanan Khas Kalimantan Selatan, wajib coba !

Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat. Seperti halnya soto ayam, bumbu Soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

Makanan Khas Sulawesi Utara

Klappertaart

di Indonesia dikenal dengan kue Khas manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, gula dan telur. Makanan tersebut berpengaruh dari jaman jajahan belanda di manado, makanya aga kebarat-baratan nih makanan 


Jajanan khas Solo

Serabi Solo

Serabi terbuat dari santan kelapa dengan sedikit campuran tepung, yang menjadikannya gurih. Biasanya diberi taburan berupa potongan Pisang, nangka, oncom, dan lain-lain.







Makanan khas Papua

Papeda

Papeda terbuat dari sagu, dan hampir menyerupai lem. makanan ini adalah makanan pokok di Papua. biasanya disajikan dengan ikan barbora kuah asam yang super enak !






nah, beberapa makanan diatas baru sebagian super kecil dari hidangan khas yang ada di Indonesia yang menjadikan daya tarik untuk wisata Kuliner. negeri kita adalah negeri yang kaya akan makanan, ayo pertahankan originalitas dan makanan khas daerah masing-masing. :)

Salam Hangat,
@lauraola










Sponsored By,
 
 

10 comments:

tiarapraba said...

ngileeerrr ngelembeeerrr..
boleh dicoba postingkan makanan khas Bangka Belituk :))
mantaap cooy .. hihihi

kate in Java said...

jadi pingin keliling dari Sabang sampai Merauke cicipin makanan berbeda2....yummy ...!!! lapaaaaarrr !!!!

ryan d joan said...

itu sebagian dari seluruh masakan indo,masih banyak lagi yg ngebuat iler,haha.nice blog .

laura hermawati said...

tiara praba : wah boleh banget, has nya bangka belitung apa ya? pasti sea food sea food ya? nyam nyam

laura hermawati said...

made in java , ayo cicipin semua makanannyaaaaa... bikin kreasi baru yg inovatif ! pasti seru. yaaam :)

laura hermawati said...

ryan d joan , iya ini baru seklintir kuku aja, kalau dijelasin bisa sebulan :p

Anonymous said...

saya penghobi makan.ahahahhaaha... apaun makanannya dan dari mana asalnya, yg pasti made in indonesia, saya pasti suka. ahahaha

Sabrina said...

saya pribadi sdh coba Ayam Tangkap twice, aaand its really yum! favorit sdh tentu Klapertaart & Soto Banjar. cari Soto Banjar yang paling pas rasanya pastinya di Banjarmasin (KalSel) dan SAMARINDA! :D
lets explore more Indonesian Culinary! cheers.

laura hermawati said...

Agree, let's explore more Indonesia Cilinary ! :D

Fahmi said...

kalau ditanya orang bule "apa makanan khas negara mu?" bukan seminggu doang tuh, sebulan juga belum pasti kelar :p, makanan khas yang paling suka pecel, gudeg hmm, yummy,, komentarin blog jadi laper ==

About Me

Mail: laurahermawati@gmail.com

Recent

Recent Posts Widget

Random

Recent Posts Widget